Happy Valentine

  • October 5, 2009 at 7:19 pm

Whoaa hari valentine tepat di malam minggu begini. Pastinya banyak pasangan yang berbahagia yaaaa…. Soal valentine jadi ingat beberapa komik dan anime yang sudah keluar di sini. Tapi akan saya bahas dalam topik selanjutnya. Karena judul kali ini adalah valentine.

Hemmm tentunya banyak yang sudah tahu tentang asal-usul valentine kan? Aslinya bukan kisah lovey-dovey yang romantis abiz tapi tragis… Bukan kayak Romeo and Juliet juga sih… Gak ada cerita tentang pasangan yang salah satu pasangannya bernama Valentine atau Valentino or whatever the name…

Ceritanya dimulai di Romawi… Waktu itu ada kaisar yang bernama Claudius yang sangat suka berperang. Ia ingin agar semua pria di negaranya menjadi seorang militer. Tapi, tentunya tak semua pria mau karena mereka mempunyai keluarga atau minimal wanita yang dicintai. Karena itulah Claudius berpikir seandainya saja hal-hal seperti itu tak ada, tentunya armada perangnya akan terbentuk.

Kemudian ia membuat aturan yang melarang para pasangan untuk menikah, dan memadu kasih. Kasihan ya, dan semua itu demi hasrat berperangnya…. Namun, ada seorang pendeta baik hati yang diam-diam tetap ingin menyatukan kasih antara dua insan. Yah, artinya dia melanggar peraturan itu. Ialah Valentine. Claudius yang mengetahui ini marah dan menghukumnya. Akhirnya Valentine dihukum penggal kepalanya. Orang-orang berduka karenanya, dan akhirnya ia dinobatkan menjadi seorang santa di hari kepalanya di penggal itu yaitu 14 Februari.

Jadi, sebenarnya hari Valentine yang jatuh pada 14 Februari itu bukan hari jadiannya seseorang yang bernama Valnetine dan kisah cintanya melebihi tragedi Romeo and Juliet, namun peringatan kematian seorang pendeta baik hati yaitu St. Valentine. Yah, kalau disebut peringatan kematian agak mengerikan ya. Karenanya, kita pandang dari sudut lain, yaitu sebagai hari kasih sayang. Kenapa? Karena St. Valentine yang penuh kasih itu rela berkorban demi merestui para pasangan yang saling mencintai. Maka dari itu, pantaslah 14 Februari kita kenang sebagai hari kasih sayang, tak hanya bagi pasangan. Orangtua, saudara, teman, dan orang-orang di sekitar kita juga.

Leave a Reply

Add Your Comment